Senin, 12 April 2010

Ya "FINGERBOARD" bisa dibilang sebagai miniatur dari papan skateboard dan bentuknya jauh lebih kecil dari papan skateboard. Cara bermainya pun sangat berbeda untuk bermain fingerboard kita tidak perlu menggunakan kaki seperti saat kita bermain skateboard tetapi kita hanya cukup menggunakan jari.

Pertama kali fingerboard dibuat pada tahun 1970 tetapi tidak digunakan untuk bermain seperti sekarang tetapi hanya untuk gantungan kunci di toko - toko skateboard dan pada saat itu juga belum ada brand yang memang membuat gantungan kunci seperti itu, biasanya yang membuat adalah staff-staff yang bekerja di toko tersebut.

Barulah di awal-awal tahun 1980 mulai ada brand yang mengkhususkan diri untuk membuat fingerboard yaitu TECH DECK perusahaan dari jerman dan sampai saat ini perusahaan tersebut masih membuat beragam jenis bentuk fingerboard.

Fingerboard memang berasal dari amerika tetapi perkembangan di eropa jauh lebih pesat dibanding di negara asalnya. bukti nyatanya adalah brand brand papan fingerboard rata-rata berasal dari jerman seperti TECH DECK, BERLINWOOD dll sampai -sampai juara fingerboard world championship 2009 juga berasal dari jerman yaitu TIMO KRANZ.

Perkembangan di indonesia pun juga sangat pesat terbukti dengan berdirinya komunitas pecinta fingerboard indonesia yaitu PAPAN JARI dan juga selalu mengisi salah satu booth di acara tahunan yaitu URBANFEST yang diadakan di taman impian jaya ancol.

Bermain fingerboard memang sedikit sulit, pada saat awal-awal kita bermain jari-jari kita pasti belum terbiasa dan masih sedikit kaku tetapi jika kita sering latihan pasti akan mulai terbiasa. Tidak cukup sehari untuk menjadi pemain fingerboard yang handal kita harus tetap latihan, latihan & latihan terus.

Trik-trik di fingerboard pun sama seperti layaknya di skateboard seperti backflip dll. tetapi sekarang mulai banyak trik-trik yang inovatif & kreatif yang diperagakan oleh para pemain fingerboard biasanya mereka memodifikasi trik yang sudah ada dan ditambahkan dengan trik-trik ciri khas mereka.

Keuntungan bermain fingerboard adalah kita tetap bisa bermain walaupun cuaca di luar hujan. Kita juga tidak perlu takut patah tulang untuk memainkanya. dan intinya "FINGERBOARD" itu aman untuk dimainkan oleh segala usia.

Alasan saya memilih tema ini karena menarik + belum semua orang tahu dan Tujuan saya agar FINGERBOARD lebih dikenal di INDONESIA.

YA SELAMAT MENCOBA :)

1 komentar: